WNI di Panama Coblos Pemilu 2024 Hari Ini, Pakai 3 Metode

Jakarta – WNI yang memiliki hak pilih di Panama City melakukan pemungutan suara Pemilu 2024 dengan tiga metode hari ini. KBRI Panama City menjadi lokasi tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilu 2024.
Ketua PPLN Oder Hasan Purba menjelaskan di Panama City terdapat 3 metode pemilihan yakni metode TPS, metode KSK dan metode pos. Metode TPS dilaksanakan di teras halaman belakang KBRI Panama City.

Acara dimulai, Selasa (6/2/2024), pukul 08.30 waktu setempat dengan rapat pemungutan suara dan pembukaan kotak suara yang masih tersegel berisi surat suara capres dan wapres dalam kondisi baik, disaksikan oleh PPLN Panama City dan beberapa WNI yang sudah hadir.

Pemungutan suara akan berlangsung dari pukul 08.30 sampai dengan pukul 18.00 waktu Panama. Pemilu kali ini Panama memiliki DPT sebanyak 142 dan surat cadangan 2% yang tersebar di 4 negara, Panama City, Kostarika, Honduras dan Nikaragua.

Untuk luar Panama, sudah dikirim melalui pos pada tanggal 18 Januari dan dikirim kembali ke Panama setelah dilakukan pencoblosan. Pemungutan suara dilaksanakan dengan metode kotak suara keliling atau KSK akan dilaksanakan pelabuhan Vacamonte Panama pada tanggal 10 Februari dari pukul 08.00-14.00 waktu Panama.

Salah seorang padre bernama Michael Malik yang sudah 28 tahun di Panama menjadi salah satu pemilih yang datang paling awal mengatakan sudah mengenal para kandidat.

“Pemilu kali ini sudah cukup mengenal para kandidat dan berharap yang terpilih adalah yang terbaik untuk bangsa Indonesia, dan sangat senang dengan keakraban yang dibangun oleh Dubes Sukmo Harsono juga makanan yang disajikan berupa lontong sayur, rendang juga makanan ringan khas Indonesia seperti kue lapis, risol dan lain lain,” katanya.

“Saya sebagai dubes hari ini menyediakan sarapan, dan makan siang makanan Indonesia termasuk buntut goreng dan sambel goreng hati ayam untuk menjamu para pemilih yang datang jauh jauh dari luar Panama. Bahkan ada yang harus naik bus selama 10 jam dan 8 jam, ini membuktikan mereka sangat antusias menyongsong pemilu kali ini, sehingga pantas mendapat layanan yang baik,” imbuh Sukmo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*