Kiamat HP di Depan Mata, Penemu Ponsel Sebut Penggantinya

Penemu ponsel Martin Cooper berpose selama upacara Doctor Honauris Causa dari University of Hasselt, di Hassselt, pada 27 September 2013. (Photo Belga Photo/ YORICK JANSENS/AFP via Getty Images)

Di masa depan, cara orang berkomunikasi kemungkinan tak lagi melalui perangkat HP. Namun akan ada penggantinya dan itu tertanam di tubuh manusia.

Prediksi ini disebutkan Martin Cooper yang dikenal sebagai pencipta ponsel dalam sebuah wawancara di gelaran Mobile World Congress (MWC) Barcelona, Spanyol. Di masa depan, dia menjelaskan alat komunikasi akan ditanamkan di bagian bawah telinga manusia.

“Generasi berikutnya akan punya ponsel yang disematkan di bawah kulit telinga mereka,” kata Cooper dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (8/3/2023).

Uniknya perangkat itu tak lagi butuh perangkat pengisi daya atau charger. Cooper menjelaskan pengisi daya akan berasal dari energi yang dihasilkan dari tubuh manusia.

“Saat kamu makan, tubuhmu menciptakan energi kan,” kata Cooper. “Anda menelan makanan, tubuh menciptakan energi”.

CNBC Internasional menyebutkan prediksi ini merujuk pada microchip yang disematkan dalam tubuh. Chip akan memiliki sensor yang kuat.

Saat ini teknologi chip yang ditanamkan pada tubuh juga sedang dikembangkan oleh perusahaan milik Elon Musk, Neuralink. Perusahaan ini menggabungkan komputer dengan otak manusia.

Bukan hanya Cooper yang berusaha memprediksi alat komunikasi pengganti smartphone di masa depan. Pendiri Microsoft, Bill Gates juga pernah mengutarakan pandangannya soal hal yang sama beberapa waktu lalu.

Gates mengatakan smartphone mungkin akan digantikan oleh sebuah perangkat bernama tato elektronik. Konsepnya sama seperti yang disebutkan Cooper, tato ini akan ada pada tubuh manusia.

Melansir Marca, tato elektronik tengah dikembangkan perusahaan berbasis bioteknologi bernama Chaotic Moon. Tato ini akan menganalisa dan mengumpulkan informasi dari tubuh manusia.

Namun Gates ingin tato ini punya fungsi yang lebih luas lagi. Seperti smartphone, dia menyatakan ingin tato elektronik bisa untuk menelepon, mengirim pesan hingga mencari alamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*