Fuji Beli Rumah Rp 13 M Cash! Berapa Tahun Nabungnya?

Rumah baru Fuji

Kabar mengenai ipar mendiang Vanessa Angel, Fujianti Utami Putri, yang membeli rumah mewah ramai diperbincangkan di media. Ini karena Fuji baru berusia 20 tahun dan sudah memiliki rumah mewah. Bahkan kabarnya rumah tersebut sudah lunas dan dibeli dengan cara tunai.

“Alhamdulillah guys aku belinya cash ini dari hasil kerja keras aku sendiri selama ini,” ungkapnya dalam Channel YouTube pribadinya, Senin (6/3/2023).

Dilansir dari detikFinance, harga rumah yang dibeli Fuji ditaksir sekitar Rp 13 miliar. Rumah baru milik Fuji ini terletak di di kawasan Cilandak Townhouse.

Apakah mungkin, seseorang yang masih muda dan berada di usia produktif bisa menabung membeli rumah seharga Rp 13 miliar? Jawabannya adalah tidak ada yang tidak mungkin.

Semua bisa direncanakan jauh-jauh hari, namun kapan uang itu bisa terkumpul tentu sangat bergantung berapa jumlah uang yang bisa Anda sisihkan setiap bulan.

Anggap saja, seseorang memiliki gaji Rp 50 juta, dan ingin berinvestasi secara rutin setiap bulan sebesar 30% dari penghasilan untuk membeli rumah senilai Rp 13 miliar. Maka berapa lama dia bisa mendapatkan rumah senilai Rp 13 miliar? Berikut simulasinya.

Sisihkan Rp 15 juta ke mana?

Jika gaji bersih Anda adalah Rp 50 juta, dan Anda ingin mengalokasikan 30% dari gaji untuk mengumpulkan uang demi beli rumah, maka dana yang Anda sisihkan tiap bulan untuk investasi adalah Rp 15 juta.

Ketika instrumen yang dipilih adalah tabungan biasa, maka jangan kaget kalau uang sebesar Rp 13 miliar bakal terkumpul dalam waktu yang sangat lama. Bahkan di atas 50 tahun!

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memilih instrumen investasi demi mengumpulkan uang sebanyak ini, sebut saja ke reksa dana pendapatan tetap. Berikut adalah data reksa dana pendapatan tetap dengan imbal hasil terbesar per 3 Maret 2023 berdasarkan data Infovesta.

Butuh kurang lebih 26 tahun lamanya untuk mengumpulkan uang sebesar Rp 13 miliar. Itupun dengan catatan, imbal hasil dari investasi yang sebesar 7% per tahun bisa didapat secara konstan.

Dan seperti yang kita ketahui, setiap investasi tentu memiliki risiko tersendiri. Imbal hasil investasi reksa dana jelas tidak bisa dijamin karena adanya risiko pasar, Anda bisa saja mendapat hasil yang lebih besar maupun sebaliknya.

Adapun cara untuk mempercepat terkumpulnya uang Rp 13 miliar itu adalah dengan menambah besaran dana yang Anda sisihkan untuk berinvestasi.

Jika Anda mendapatkan rezeki yang berlebih, sebut saja seperti bonus tahunan, tunjangan hari raya, atau pendapatan ekstra lainnya, Anda bisa memasukkan seluruh atau sebagian dana segar itu ke instrumen investasi yang Anda miliki, maka uang Rp 13 miliar pun akan terkumpul dalam durasi yang lebih singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*